Home » » Anggaran untuk Desa Rp11,9 Milyar

Anggaran untuk Desa Rp11,9 Milyar

Written By Radar Lamsel on Senin, 25 Februari 2013 | 09.28




KALIANDA - Pemerintah Kabupeten Lampung Selatan melalui Bagian Otonomi Daerah (Otda) tahun ini menganggarkan dana sekitar Rp11,9 milyar untuk desa se-Lamsel.Dana yang dianggarkan pemkab melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) itu, diperuntukan Dana Pembiayaan Penyelenggaraan Urusan Desa (DPPUD), bantuan Pemilihan dan Pelantikan Kepala Desa (Pilkades), serta untuk membiayai Bantuan Operasional Pengurus Rukun Tetangga (BOP-RT).
   
Hal itu diungkapkan Kepala Bagian Otonomi Daerah (Kabag Otda) Lamsel Drs. Suhendar Zuber, M. Si, kepada Radar Lamsel, Jumat (22/2).Dia menjelaskan, dana yang diberikan untuk masing-masing item tersebut sudah terdapat rinciannya. Yaitu Rp9,4 milyar untuk DPPUD, Rp1,2 milyar untuk BOP RT dan Rp1,2 milayar untuk pembiayaan Pilkades sampai dengan pelantikan. Jadi total keseluruhan sekitar Rp11,9 milyar. Menurutnya, dana tersebut meningkat dibandingkan dengan tahun 2012 lalu.
   
"Tahun 2012 anggaran untuk DPPUD senilai Rp8,6 milyar, untuk Pilkades senilai Rp350 juta dan BOP Ketua RT Rp1,2 milyar jadi totalnya sebesar Rp10,2 milyar lebih. Mengapa tahun ini terdapat kenaikan, karena tahun ini desa yang melaksanakan Pilkades berjumlah sebanyak 129 desa," jelasnya.
   
Dia menambahkan, setiap desa yang akan melaksanakan pesta demokrasi, pemkab setempat telah menganggarkan Rp10 juta perdesa."Yang saya ketahui, untuk se-Provinsi Lampung, baru Lamsel yang memberikan bantuan dana untuk Pilkades. Dan ini dilakukan sejak kepemimpinan Bupati Rycko Menoza, SZP dan sudah berjalan sejak tahun 2012 lalu. Dengan rincian Rp5 juta untuk Pemilihan dan Rp5 juta untuk pelantikan," terangnya.
   
Diketahui, untuk tahun 2013, tunjangan perangkat desa dan kelurahan non PNS meliputi Kades, Sekdes, Kepala Dusun (Kadus), Kepala Urusan (Kaur) dan Kepala Lingkungan (Kaling), mengalami peningkatan mencapai 30-50 persen.
   
"Pemberian dana tersebut, merupakan bentuk kepedulian pemerintah kabupaten dalam upaya memberikan kesejahteraan bagi perangkat Desa dan Kelurahan. Sehingga pelayanan kepada masyarakat diharapkan dapat lebih meningkat," pungkasnya. (iwn)
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. Radar Lamsel - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website