Home » » Mudahkan Petani, Jalan Setapak Dilebarkan

Mudahkan Petani, Jalan Setapak Dilebarkan

Written By Radar Lamsel on Senin, 03 Desember 2012 | 17.20

WAY PANJI - Mempermudah dan memperlancar transportasi pertanian,  masyarakat bersama TNI melakukan gotong royong membuat badan jalan sepanjang 800 meter dengan lebar 5 meter. Badan jalan tersebut, menghubungkan persawahan dan peladangan warga Dusun IV menuju ke Dusun VII, Desa Sidoharjo, Kecamatan Way Panji.
    
Kepala Dusun VI, Karturut (50) disela-sela warga gotong-royong, mengatakan, badan jalan yang menuju ke lahan pertanian dulunya hanya jalan setapak dan sulit dilalui kendaraan ataupun handtractor. Untuk memudahkan warga menuju lahan tersebut, mereka diminta secara sukarela menghibahkan tanahnya untuk dibuat badan jalan.
    
"Kalau mau ke ladang atau sawah, warga sangat sulit karena tidak ada jalan yang bisa dilalui baik kendaraan rioda dua atau handtractor. Makanya agar mudah dilalui, mereka kita minta untuk secara iklas merelakan sebagian tanahnya dibuat badan jalan. Alhamdulliah, sekarang ini sudah hampir selesai dan mudah-mudahan tidak lama lagi, bisa digunakan untuk mempermudah mengangkut hasil pertanian,"ujar Karturut, Jum'at (30/2).
    
"Kami berharap, setelah selesai pembuatan badan jalan ini nantinya, kami mengusulkan memasukkan kedalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) agar dibuat jalan onderlag. Kalau sudah dionderlag, warga yang akan membawa hasil pertanian tidak sulit dan bisa mengurangi biaya,"imbuhnya.
    
Sementara itu, Kepala Desa Sidoharjo, M. Thohir, S.Pd.I mengaku setiap hari Jum'at dan Minggu warga Dusun IV dan VII melaksanakan gotong-royong membangun badan jalan. Pelebaran badan jalan ini untuk menunjang transportasi pengangkutan hasil pertanian menuju ke Desa.
    
"Gotong-royong ini rutin dilakukan setiap dua kali dalam satu minggu dan warga melaksanakannya dengan sungguh-sungguh untuk membangun badan jalan sepanjang 800 meter. Karena jalan ini nantinya untuk mempermudah pengangkutan hasil pertanian yang ada di sawah dan peladangan milik warga,"lanjutnya.
    
Danramil Sidomulyo, Kapten (Kav) Suyanto saat ditemui disela-sela gotong-royong warga mengaku, gotong-royong TNI bersama warga menjadi kegiatan rutin TNI dalam rangka Karya Bhakti TNI. Selain gotong-royong bersama warga, pihaknya juga melakukan perbaikan fasilitas yang rusak seperti sekolah dan rumah ibadah.
    
"Ini merupakan kegiatan TNI dalam menunjang Karya Bhakti TNI dan selama ini mendapat sambutan posutif dari warga masyarakat. Kegiatan seperti ini akan terus ditingkatkan dan harapan kami dengan dibangunnya badan jalan akan mempermudahkan transportasi bagi mereka khususnya para petani,"ujarnya. (gus)
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. Radar Lamsel - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website