Home » » Imbau Peternak Maksimalkan Pasar Ternak

Imbau Peternak Maksimalkan Pasar Ternak

Written By Radar Lamsel on Senin, 11 Februari 2013 | 23.44

GEDONGTATAAN - Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Pesawaran (Distannak) mengimbau kepada para pedagang dan  warga yang memiliki ternak sapi, kerbau dan kambing  untuk memanfaatkan secara maksimal pasar ternak yang terletak di Desa Tri Rahayu Kecamatan Negerikaton, Pesawaran.

" Saat ini kita sudah memiliki pasar ternak. Nah, untuk itu kami mengimbau agar  melaksanakan transaksi hewan di lokasi pasar ternak tersebut," ungkap Kepala Distannak Ir. Lukmansyah melalui Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Sarwoko, S.P saat dikonfirmasi Radar Pesawaran di ruang kerjanya kemarin (11/2).

Sarwoko menjelaskan pasar ternak tersebut mempunyai berbagai fasilitas mulai dari timbangan, gudang pakan, dan persediaan air yang dapat dimanfaatkan secara maksimal.

"Nah, nantinya  kami tempatkan petugas kesehatan di pasar ternak tersebut. Dimana petugas kita nantinya akan memberikan pelayanan berupa pelayanan kesehatan hewan, agar hewan yang akan dijual benar-benar sehat dan layak konsumsi," jelas Sarwoko.

Selain itu, sambung Sarwoko, aktifitas di pasar ternak tersebut dapat dimanfaatkan sebagai sarana pengembangbiakan hewan produktif. " Nah ini juga merupakan salah satu pelayanan yang dapat diberikan petugas kita untuk memberikan penyuluhan dan pembinaan kepada pemilik dan pedagang hewan dalam upaya pengembangbikan ternak tersebut," ucapnya.

Lebih jauh Sarwoko menambahkan dalam waktu dekat ini pihaknya akan mensosialisasikan manfaat dan fungsi pasar ternak tersebut kepada  para pedagang ternak.

"Kalau tidak ada halangan dua pekan kedepan kami akan ajak para pedagang ini membahas pemanfaatan pasar hewan ini. Yang rencananya akan dilaksnakan di balai desa setempat," ujarnya.

Untuk itu pihaknya berharap kepada seluruh pedagang ternak agar memanfaatkan secara maksimal pasar ternak tersebut. "Harapannya agar pasar ternak dapat dimanfaakan secara maksimal, jika ada transaksi dari luar daerah, kita sudah memiliki stok ternak. Dan  dengan adanya jaminan kesehatan tentunya diharapkan dapat meningkatkan nilai jual hewan ternak tersebut. Selain itu kami juga berharap kedepan tentunya pasar ternak ini menjadi sentra kegiatan transaksi secara rutin," pungkasnya. (ozi)
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. Radar Lamsel - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website